about jakarta dan pikiran saya aja

bulan oktober lalu saya baru pulang dari negeri sakura setelah 2.5tahun lebih saya away dr indonesia.. saya super kaget melihat kondisi jakarta dan bandung, dimana macetnya makin wow, jumlah mallnya makin bikin saya membelalak.

wow!
kenapa?
saya belajar dari gempa tsunami jepang 2011, yg terjadi saat itu penduduk miyagi yang super teratur dan mengerti cara evakuasi menghadapi gempa saja sempat chaos, akhirnya kita mesti menghadapi jumlah korban meninggal dan hilang dalam angka yg super besar.. ga kebayang kl disini ada emergency situation.. 😦

saya, dihari pertama menghadapi kemacetan jakarta sempat merinding ngeri. kalau sampai suatu hari jakarta nghadapi situasi emergency, akan sangat sulit evakuasinya..

1. macet
kemacetan di hari normal yg lalu lintasnya diatur saja sangat mengerikan, apalagi ditambah kepanikan orang2.. wow!serem.. bisa nge lock nih trafficnya..

2. egoisme
yang 1ini semoga tidak.. tp karena kebanyakan orang di ibukota sudah hidup secara soliter, kemungkinan evakuasi sambil memikirkan orang lain yg “selewat” mungkin tidak terjadi.. tp sih harapan saya, semua orang akan saling bantu..

egois lagi bagi mereka yg lebih mentingin harta benda dariada menolong sekitar..
oh! dan egois pula bila ada perintah evac tp lbh milih untuk stay sampai saat urgent terakhir, karna apa? krn tim evakuator jd harus extra kerja memikirkan kepentingan mereka yg lebih memilih hartanya.. hm..

3. lokasi evakuasi
lokasi evakuasi kadang menyedihkan bgt. hanya dalam tenda, tanpa penerangan, dingin, tikar.. ya Allah.. seandainya ada banyak swasta atau gedung pemerintahan yg bersedia meminjamkan gedung serba gunanya..

4. mall dan apartemen
saya ngeri liat jumlah mall di jakarta. wow bgt, dan semua besar “tanpa” taman atau daerah serapan. tapi gedung2besar ini tampaknya akan sangat tertutup untuk dijadikan tempat evakuasi.. sayang bgt ya lahannya.. mana beton2ini bikin tanah makin turun..

5. rakyat yang miskin
1kalimat aja.. merela clueless dan harus di pdkt-in dgn ilmu..

just my thought aja sih..
cm apa yg saya pikirkan saat itu tiba2kepikir lagi sekarang ketika saya melihat banjir yg terjadi di beberapa tempat di indonesia, terutama jakarta.
miris aja sih. tp semoga ada pemecahan masalah soal jalur evakuasi ini..

semoga jakarta baik2 aja dan masyarakatnya lebih aware soal health, safety and environment.

ow, lastly.. jgn lupa emergency bag! untuk setiap orang, disetiap rumah.. so important! just in case..

no offense. just my tought

One thought on “about jakarta dan pikiran saya aja

Leave a Reply

