PAL, pals, people..

Hari H, hari dimana saya sudah waktunya kembali ke Indonesia. Hari yang sebenernya sangat bikin saya sedih sekali, tapi disatu sisi – saya semangat untuk memulai lagi kehidupan saya di Indonesia.

 

Saya terbang dengan Philippine Air Lines. Hmm… dari awal banyak yang menanyakan, kok saya pilih PAL? Jawabannya bukan milih sih, tapi saya emang udah dijodohkan sama PAL kayaknya. Seharusnya saya terbang dengan Malaysian tanggal 30 September kemarin, tapi karena masih harus memenuhi jadwal kerja, jadi pulangnya saya undur tanggal 12 ini. Entah kenapa juga yang beliin saya tiket milihnya PAL.

Check in di Bandara International Narita Terminal 2, semuanya beda banget dengan sistemnya terminal 1. Di terminal 1 kan, check in – lalu bagasi,  baru masuk ke gate.. di terminal 2, lebih cepet sih sebenernya. Check in sama bagasinya jadi 1, dan nggak ada yang online regist gitu. Eeh, apa itu JAL ama ANA aja?? Hahahaha~ sorry.. well pokonya gitu lah yaa.

Yang bikin saya happy dengan PAL ini adalah, luggage saya dapet 46kg.. uhuu! Masuk deh semua benda, ini udah benda yang g mungkin di buang lagi. Jadi mesti masuk. Plus hand carry 7kg + saya masih boleh bawa ransel.  Lumayan banget lah yaa.. Kalau liat di antrian, kayaknya om tante di depan saya tadi lebih heboh bawaannya. Dusnya gede-gede banget. G tau deh itu over weight atau gimana.  Tapi ya gitu, bawaan yang saya bawa banyak banget. Jadi terpaksa bagian oleh2 saya kirim balik dulu, g bisa bareng-bareng sama saya.

Awkward moment adalah ketika saya sedang nunggu boarding gate. Semua orang tampak mirip. Semua Malayan kan.. tapi kayaknya saya doing yang nggak bisa  dan nggak ngerti apa yang orang sekitaran obrolin. Lebih awkward lagi kl ada orang duduk di sebelah dan tiba2 ngomong tagalog, secara saya cm tau mabuhay ama salamat doang.. hahaha!

Masuk ke pesawat, Ulalala~ namanya sih emang pesawat besar. Boeing B777. Business classnya bikin ngiler. Tapi yang bikin saya happy sih karena kursinya bisa recline, bukan slide seat kayak ANA.. nyaman lah yaa~

What impresses me the most adalah vide safetynya. Lucu, dikemas unik, bahkan di video itu mbak-mbak flight attendantnya pake nari nari centil gitu. Kemasannya menarik banget.  I love the safety video!!!

Flight Attendant / Air crew.. fiuh! Bikin saya mikir, jangan-jangan yang dimaksud temen-temen indo soal pramugari GI yang suka songong nih bgini.. (saya nggak pernah di songongin pramugari GI sih, cm kan suka penasaran kl temen2 saya pada complaint) Pramugarinya rata-rata judes.. aduh di Jepang biasa traveling pake ANA atau JAL even cuman AirDo semua pramugarinya ramah ramaaaahhh bgt.. gesture mereka pas sedang ngejamu pada perfect bgt, lah ini, masa ngasiin headset kayak di lempar gitu?!saya kageeettttt~ sebagai seorang pecinta/ pengagum dan fans flight attendant, saya nilai mereka BIG 6!  Entah ya sama passanger lain, tapi dari awal kan saya nggak neko-neko.  Pas nawarin makan juga sama aja. Masa doi bilangnya “what do you want? Pork or chicken?” BUSEETTT!!! Hahahahaha~ saya kagettt.. sempet cengok dulu sebelum jawab. Mungkin sih mereka ini oknum, nggak smua gitu kali ya. Haha!

Belum lagi, saya kan suka nge-crush es, jadi di meja saya ada gelas isi es doang. Saya lg nunggu si es agak mengecil sedikit supaya bisa masuk mulut, eh si mbak pramugari nggak pake tanya2 langsung diambil aja gelas saya. Kan jadi awkward gitu saya sampe reflek bilang “hey, I’m not done yet”.

Di akhir cerita, air crew ini ngumpulin headset + blanket pake sarung tangan plastic gitu. Well, baru pertama lihat sih, cuman kok malah jadi kayak terkesan mereka jijik-an yaa.. I flew with Jal, ANA, GI, SQ, ADO, Malaysian, dan bahkan maskapai local Indonesia kayaknyanya nggak gitu-gitu amat.

Soal air crew, one more point, saya nggak tau ini sanjungan atau kritikan. Saya sih no problem, abis landing, sebelum orang-orang pada keluar pesawat, mbak pramugarinya nyanyi-nyanyi kayak karaoke-an di belakang, sambil beres-beres kopernya sendiri. Bukannya mereka mesti bediri nganter passanger buat keluar dulu ya? Di satu sisi saya sih ngerliatnya – airlines ini asik ya, air crewnya tampak happy, di sisi lain saya kayak ngerasa – kok nggak ada mannernya ya? Tapi soal ini saya nggak tau apa cuman PAL atau semua airlines ada. Yang jelas, saya nggak pernah liat fenomena ini di JAL atau ANA.

Captain.

I AM SO IMPRESSED with the captain.. saya sebenernya paling nggak suka langit Philippine, karena banyak turbulence, tapi walo tadi banyak turbulence, saya ngerasa safe aja sama pak captain ini. Landingnya juga mulus bangetttt. Makin impressed karena lokasi pendaratannya ada tepat setelah jalan tol.. wiiiii~ tegang-tegang seru.. hahaha..

I like his English. Santai banget. Dan di PAL tugas captain nambah 1, ikutan promo jualannya si pesawat.. hahaha..

Food.

Lumayan lah ya.. cm kurang banyak! Hahahah!!! Waktu terbang tahun lalu sama ANA, makanan tuh kayaknya melimpah bgt. Padahal kl dipikir, biara pesawatnya lebih murah. :p hahahaha~

Yang okey dari flight tadi, mas air crew yang di alley depan ganteng buanget!.. haha!!

Tapi over all, saya nggak ngerasa rugi naik PAL.. asik asik aja. Filmnya juga oke oke..  I’m looking forward buat another story malem nanti, my flight to Jakarta.. uhuuu!!! Sementara ini, saya bakal ngebacot selama 3 jam soal yang lain lainnya lagi.

JAKARTAAA, I’M COMING, BABY!!!

Ps: I miss you Tokyo!

One thought on “PAL, pals, people..

Leave a Reply

