patria patriot ayah bunda

Well, sebenernya postingan ini adalah untuk adik-adik saya. Mohon maaf kalau ada yang tidak berkenan dengan postingan ini karena udah terlanjur buka halamannya, ternyata hanya uneg2 yag dirasa ndak penting. Tapi silakan baca deh, siapa tau menyambung uneg2nya.

Sore tadi saya bicara dengan teman saya orang Korea. Dia sebenernya kaget liat gelang saya yang ada tulisannya “chazky”. Kata dia kenapa “chazky” terus saya jelasin deh tuh dari soal nama Annisa kalo di Indonesia biasanya dipanggil Icha (nggak semua) dan karena saya suka Cester Bennington jadi dipendekin lagi “chaz” dan karena waktu di tim bola nggak diakui sebagai perempuan, jadi temen2 di tim panggil saya “chazky”.. blablabla – sampai akhirnya temen Korea ini tanya apa arti nama asli saya.

Setelah dipikir-pikir, entah ada maksud atau engga, tapi nama saya dan kedua adik saya semua mengandung hal “patriotik”. Saya bengong sesaat dalam percakapan itu, somehow ngerasa – apa ini adalah firasat dari orang tua saya? atau apakah ini harapan? sengaja atau tidaknya – sepertinya saya ingin menanyakan kepada bunda.

Arti nama saya adalah “wanita petunjuk / leader untuk tanah air ” (wew! jujur saya baru tau malam ini) .. adik saya yang ke pertama”cahaya yang setia menemani para prajurit” sedang yang kedua adalah “unsur dalam pedang nabi muhammad” .. Insyallah arti arti nama ini bermanfaat. Dan sebenernya bunda sih sering menyebut “malu dong sama nama kalau kamu lenje”. Setiap ada masalah, bunda selalu menyuruh kita untuk tetap kokoh dan nggak putus asa “Jangan pasrah gitu ah! Ibu nggak suka!”. Begitu juga dengan ayah, “kalau jatuh aja pake nangis, kamu bukan anak ayah” kata-kata itu selalu ada di dalam pikiran saya untuk membuat saya lebih tegar ketika “jatuh”. Susahnya luar biasa nih usaha untuk menjadi orang yang tegar, jadi orang yang nggak gampang menitihkan air mata. Jujur saya akui bahwa saya dan adik-adik saya adalah tipe orang yang mudah sekali menangis. wew!

Tapi satu hal yang ingin saya camkan baik-baik mulai sekarang, semoga tidak terlambat, tapi semoga dengan menyadari arti nama ini saya dan adik-adik saya bisa menjadi patria patriot ayah bunda. Kami bukan berasal dari keluarga “berada”, kami didik keras, semoga suatu hari kami bisa membuat ayah bunda bangga pada kami. ๐Ÿ™‚

Dat + Ken, camkan itu!

Anyway, saya bersyukur lahir di Indonesia – bahwa orang tua saya menganut paham “nama adalah doa”. Saya yakin hampir semua orang Indonesia menganut paham yang sama. Saya harap ini bisa jadi pemotivasi kita juga supaya bisa jadi yang terbaik, terutama untuk orang tua kita ya. Nggak muna, saya juga masih banyak PR untuk menuju kesana, tapi ya itu – nama nggak sekedar nama. bukan sekedar untuk identitas, bersyukurlah karna nama adalah salah satu hal terindah, kado dari orang tua kita. ๐Ÿ™‚

One thought on “patria patriot ayah bunda

Leave a Reply

