Lebaran oh Lebaran

Hohohoho… Kasus nih kasus..

Di negara2 lain, lebaran jatuh tanggal 30 Agustus, sedang di Indonesia akhirnya di ketok palu tanggal 31 Agustus. yang terjadi adalah kegalauan nasional. Orang-orang saling menyalahkan satu sama lain. Persiapan ini itu yang udah disiapin buat tanggal 30 gagal batal..

Seperti biasa, pihak Muhammadyah lebaran sehari sebelumnya (which is 30 Agustus), dan pihak Nahdatul Ulama hari selanjutnya (tentunya 31 Agustus). Pemerintah, setelah menilik menimbang, akhirnya mengambil keputusan di tanggal 31 itu.. Saya, adalah penganut – mengikuti keputusan pemimpin saya. Saya masih meyakini pemerintah saya, diluar pemerintah saya juga hanya terdiri dari manusia biasa, tapi saya yakin atas mereka. Jadi saya mengambil lebaran tanggal 31 Agustus aja deeh. Urusan mana lebaran yang benar, biar Allah yang menilai…

Lebaran ya lebaran, apa sih? kenapa coba?? well, well…

Harusnya jadi hari bahagia untuk setiap insan manusia yang menginginkan dirinya untuk kembali ke fitri. Manusia oh manusia, hal kecil bisa jadi besar hanya karena kegalauan begini. Kalau ada yang tanya pendapat saya, saya akan jawab : well, sekarang kan udah ada keputusan dari pemerintah, ada juga yang dari internasional, tinggal dipilih aja mau meyakini yang mana, asal dasar meyakini ini bukan karena “enakan yang mana” tapi karena memang yakin karena ini urusan penting yang harus diselesaikan antara dirinya dan Allah. Sisanya, mari saling menghargai kondisi yang ada deh, nggak perlu saling menyalahkan. ๐Ÿ™‚

BTW, hari ini ada kalimat bagus yang saya denger dari Ust. Dr. Quraish Shihab, intinya – Nggak perlulah kita menyalahkan / men-judge / marah berlebihan terhadap orang lain, karena suatu saat mungkin kita akan melakukan kesalahan yang lebih besar dari orang tersebut.

Kapanpun lebarannya, Selamat Lebaran semuanya.. ๐Ÿ™‚

Mohon maaf lahir batin yaaโ€ฆ ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

