saya orang awam

kan saya orang awam..

cuma mau tanya sedikit..

saya kan ga punya background belajar hukum, dan nggak pernah ngikutin kasus peradilan di pengadilan dari awal sampe ahir cerita.

pertanyaan yang mungkin bodoh, tapi sih cuma tanya..

pertama :

kenapa kl orang korupsi, dihukumnya nggak sebanding. nih misalnya kasus korupsi dana 500 juta, kenapa hukumannya 7 tahun dan bayar 300 juta? yg 200 juta sapa yg tanggung? well, soal 7 tahunnya, gw mah serahkan sama pengadilan aja.. tapi kan logikanya nih, misalnya saya ngambil duit temen 10ribu, kan harus balikin 10ribu juga, malah kl bisa lebih krn saya udah merugikan si temen saya itu (bayar moral dan kesalahan)..

dua :

kenapa penjaranya koruptor katanya lebih baik kondisinya daripada penjaranya pencuri di pasar? kan sama2 maling? bukannya harusnya sama aja yah? satu sel aja malah bagus. malah harusnya mah lebih parah bukan? kan yang satu malingnya krn dorongan ekonomi yang kemepetan, kl yang satu udah tau salah – dilakuin juga.. mana lebih bloon?

yah, sekali lagi ini cuma nanya sih… penasaran aja…

smuga ada yg bisa jawab.. hoho~

 

Advertisements

4 thoughts on “saya orang awam

  1. amri says:

    yah gampang lah kalo itu…yang 200 jt yang nanggung orang-orang yang pada terima sama keputusan itu….

    untuk penjara yah wajar lah lebih bagus. kan maling ayam rumahnya ga lebih bagus sama korupsi. jadi standarnya beda untuk rumah tahanan..(namanya juga rumah tahanan, jadi rumahnya dan segala isinya pindah untuk ditahan dan dijagain)

    dan mereka sama2 salah, jadi ga ada yg lebih bloon. yang paling blooon yah itu kepala negara dan bawahannya. mau aja dikerjaiin sama mafia hukum. kayak orang ga punya tuhan. takut kehilangan uang, harta, dan tahta, terutama pencitraan diri.
    hihihi.inilah negara gayuuss…

    • chazky says:

      kok gitu.. nggak adil doong…!
      emang kita salah apa sampe harus ikut bayar 200 juta, secara keluarganya koruptor masih bisa makan enak blanja barang mahal, punya mobil.. hiks..! sedih amat!

      yah, maling ayam kan juga punya harta dirumahnya, dia punya baju dia sendiri, dia punya bantal guling kasur dia sendiri aja nggak dibawa.. di penjara pake baju biru bernomer, bubunya juga di tiker..

      negara jayus..! heheu~

      • amri says:

        yah salah karena ga protess dan hapus itu mafia,dan diem aja. sehingga duitnya tadinya untuk kepentingan rakyat kaya kita jadi hilang. jadi yah yang nanggung orang2 kayak kita.hihih..

        iya beda nya maling ayam ga punya uang buat pindahin isinya ke rumah yang baru…

  2. hacques says:

    Menurut gw adil.

    7 tahun. Untuk kasus ‘seharga cuma’ 500 juta. Malah harusnya cuman 2-3 tahun menurut gw.

    Kalo ambil 10 ribu bayar 10 ribu plus dikurung 2 minggu di penjara adil gak? Wong dikurung di kamar mandi 5 jam aja pasti udah berisik ngegedor-gedor pintu minta keluar XD XD XD

    Masyarakat awam mengganggap ‘tidak adil’ karena melihat jumlah uangnya. Beberapa orang tak bisa terima saat melihat orang yang ‘dia duitnya banyak’.

    Sebelum ada revolusi mafia hukum gak akan bisa dihapus. Emangnya si Gayus bego-2 amat mau dihukum sendirian gak nyeret atas-atasnya? Pasti ada yang berkepentingan sehingga Polri sendiri menghindar buat memproses. Dan perkembangan sekarang kasus ini sudah ditangani KPK, masih ada harapan bakal terbuka.

    Semoga berujung pada jatuhnya beyeh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s