the power of tanaka-san…

Berkutat dengan Kanji semaleman, lumayan capek juga. Tapi alhamdulillah, walau lambat asal selamat… walo bisa dibilang cupu bangeeet nget nget nget (kl dibanding dengan temen-temen yang lain) tapi bener-bener alhamdulillaaaaah.. 🙂

Hm, dari awal dulu belajar bahasa jepang di Indonesia, kesulitan gw yang paling utama adalah nginget kanji. Nggak musuh sih, cuman buat gw yang punya kesulitan dalam hal ingatan, kanji tuh bak rumus matematika, kimia, fisika.. Jujur gw akuin asik banget belajarnya, tapi kok easy come easy go ginih.. Bikin hati tergempa-gempa.. (lebay) Padahal dulu di Indo, sensei gw juga nggak kurang baik apa coba.. sabar beut! (terimakasih ya Andriani sensei)..

Gw beneran kebingungan gimana coba nyusul puzzle bernama kanji ini. Bentuknya mirip2, bunyinya beda2, apalagi artinya.. 1 kanji kayaknya punya sejuta arti gitu. Dari jaman kapan, tangan gw dah urek-urek di kertas, pas ujian masih aja lupa.. bisa sampe g inget sama sekali. kadang tau artinya, nggak inget bahasa jepangnya.. Cuma bisa dilogikain, nggak bisa diucapin (sama aja boong)..

Dan gitu juga hari ini, gw dah ngabisin kertas berlembar2 kayak nggak ada guna gitu. Tiba-tiba dateng aja gitu pencerahan buat gw (setelah mengiba-iba sama Allah ya Rob yang maha pengasih dan penyayang) Tiba-tiba si tangan nggambar mukanya tuan Tanaka, sebuah karakter entah ciptaan siapa yang dikenalin ke gw dan temen2 kelas oleh sensei (guru) gw di level 1. Abis itu, ngalir aja, tangan gw kayak curhat di kertas gambar dengan nulis huruf kanji. Bukan hanya itu, tapi suara dari dua sensei gw juga kayak ikut ngebisikin kuping gw (okey, terdengar lebay.. but it’s happened..)

Diawali dengan gw bisa denger suara Kuriyama sensei dengan wajah ceriyanya bilang “Tanaka-san, ohisashiburi..” (“tuan Tanaka, sudah lama tak bertemu..” – kira2 gitu), dan ketika si diary kanji itu selesai dibuat gw denger suara Oosaki sensei bilang “hooo… jozuuneeee…” (“waaah, jago yaaa”) lengkap dengan aksennya.

Ini mungkin, hanya hipotesa gw terhadap otak dan hati gw yang sedang nggak berjalan singkron. Tapi gw mungkin kehilangan semangat karena lepasnya gw dari sensei-sensei gw tersayang yang notabene cara ngajarnya super cocok buat gw (gaya beut!).. Well okey, gw bukan murid excellent, tapi mereka bisa banget naikin adrenalin ketika belajar. Ternyata bukan gw doang kok yang ngerasain, beberapa temen gw juga ngalemin degradasi semangat berlipat-lipat yang berefek ngerubah mereka jadi murid males yang dateng terlambat ato malah bolos sekalian cuma gara-gara mereka nggak nyaman di kelas baru mereka.

Ada apakah dengan Tanaka-san? well, i dont know.. Tapi yang jelas, gw sangat bersyukur karna sebelumnya gw kurang poin untuk level 2, jadi gw bisa ngerasain jadi bagian dari keluarga Tanaka.

‘hontouni doumo arigatougozaimashita, sensei… i love you :)’

Leave a Reply

