rules#1

Beberapa waktu yang lalu, ada perayaan kecil di yayasan tempat gw bernaung. Yayasan ini adalah yayasan tempatnya anak2 keturunan prajurit Jepang yang kemudian berdomisili dan berganti kewarganegaraan ke Indonesia lalu beranak pinak..

Perayaan-nya asik, walo gw harus mengorbankan kerjaan motret bareng otto, edwin dan firsta,, Maksud gw, banyak hal menarik yang dibicarakan selama makan malem.. dan gw seperti biasa, selengean.. dan BERTINDAK BODOH…hahahahahahaha…

Well, ini sedikit banyak pelajaran tentang aturan2 yang gw dapet selama makan malem, smoga bisa berguna yaa..

  1. Kl di tempat makan-makan ato rumah orang jepang biasanya ada undakan sedikit di depan pintu masuknya. Naaaah, disitu kita wajib buka sepatu tuuuh.. biasanya ada sendal buat ganti sepatu kita, kita ganti aja dengan itu. jangan kuatir soal bau kaki dah, yang penting sopan aja. Kl nggak ada y brati nyeker ajun bo! (Belive it or not, gw lupa aturan ini..sampe ditegor! hahaha..)
  2. Begitu mau mulai makan, jangan lupa berdoa. Dalem ati aja.. abis itu pegang alat makannya a.k.a sumpit, trus ijin deh sama yang punya hajat.. biasanya pake kata “itadakimasu” – artinya kurang lebih selamat makan, atau mari dinikmati hidangannya dan sekitarnya deh..
  3. Ini aneh, tapi kebanyakan orang Jepang makannya bunyi.. katanya itu fungsinya ngehormatin yang masak.. secara nggak langsung kita bilang makananya enak.. hehe..aneh..
  4. Kl orang yang semeja ato yg punya hajat nawarin sesuatu lebih baik diterima saja. Soalnya mereka ngerasa dihargai karena sajian yg disiapin capek2 ini dihargai.. Biasanya kl di meja makan mereka kasih lgsg ke piring kita..jgn disautin pake sumpit kita.. biar aja dia naro sendiri..
  5. di dorama2 gitu kan kl kita liat sumpit makan = sumpit ngambil lauk.. naah, ternyata harusnya yg dipake bagian blakang si sumpitnya, bukan yg kita pake buat masukin makanan ke mulut.. geuleuh atuh.. hehehe
  6. ini nih penting trutama buat gw.. 😛 .. kl sedang nggak makan si sumpit baiknya ditaro rapih diatas mangkok, ato biasanya ada batu kecil ato keramik kecil tempat naro si sumpit.. tangan kita lgsg disembunyiin di bawah meja, pegang lutut kek, pegang perut kek, garuk2 kutil di paha kek, pokoknya nggak main2 di atas meja.. (di TKP, tu sumpit gw gigit2in.. abis itu gelasnya gw mainin kayak mobil2an… hahaha DODOL!)
  7. Nah nah.. abis makan, jangan kaget kl liat om om ato bapak bapak ato kakek kakek, bakal ngelap seluruh badan kayak mandi pake handuk basah yg disediain.. well.. itu hukumnya HARAAAAM!!!! apalagi buat anak gadis (kata semua orang yang ada disitu).. Trutama buat cewek, tu anduk HALAL-nya cm buat cecentilan aja kl si tangan lengket kena makanan.. hehehe….dan dioakenya juga se kenanya aja.. jangan harot makenya yah.. 😀
  8. setelah selesai jamuannya, ya jelas jgn lupa dipuji dan bilang trimakasih.. itu mah udah paten!

Sepertinya gw harus banyak blajar neeh.. hehehe…

well, just for sharing.. gw rasa budaya sopannya kita juga nggak jauh beda kan? hehehe…

6 thoughts on “rules#1

Leave a Reply

