gula darah

Ini sedikit curhat ceriya soal kegiatan “berguna” gw hari ini, yaitu cek gula darah. Iseng amat lo cha? nggak iseng siy, tadi ada mubil kliling dari Yayasan Jantung Indonesia yang bikin cek gratis. Trs karna berbulan-bulan gw mrasa makan sangat sangat banyaak, makan makan enak, minum minum yahuud – dan timbangan pun sudah membuat trauma dan membuat hati hancur berkeping-keping (lebay) ahirnya gw memutuskan untuk mengecek diri biar tau kondisi kesehatan gw..

Okey, this is ain’t scary at all – jauh lebih nggak adapapanya dibanding kalo mau donor. sdikit lubang kecil “njus!” – trus darahnya ditaro di alat pengukur dan syalaaaa… hasilnya keluar deeh…

diabetes_0 hasil tes gw menunjukkan angka 133 – yang kata mbak nya normal sangat (batasnya 200). Tensi gw juga normal 110/80 huraay! artinya i’m fine.. yah paling tinggal jaga kondisi gimana caranya kehindar dari sakit luaran kayak batuk, flu, demam dan pastinya penyakit besar lainnya juga.. Insyallah 😀 Paling nih anjuran dari mbaknya gw harus minum air outih yang banyak supaya darahnya nggak tralu kentel..

Well, kegiatan kecil-kecil gini ini penting buat kesehatan, supaya bisa kita jadiin tolak ukur kesehatan kita sendiri..

Gula tuh adalah istilah dari bidang kedokteran yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah.. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh (kata om wiki).

Bila level gula darah menurun terlalu rendah, berkembanglah kondisi yang bisa fatal yang disebut hipoglikemia. Gejala-gejalanya adalah perasaan lelah, fungsi mental yang menurun, rasa mudah tersinggung, dan kehilangan kesadaran.

Bila levelnya tetap tinggi, yang disebut hiperglikemia, nafsu makan akan tertekan untuk waktu yang singkat. Hiperglikemia dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan yang berkepanjangan pula yang berkaitan dengan diabetes, termasuk kerusakan pada mata, ginjal, dan saraf. (selengkapnya tanya om wiki yaa)

ya ya, gw bukan dokter dan nggak punya background ilmu kesehatan lainnya, tapi gw tau kalo penyakit-penyakit itu serem-serem banget. Apalagi jaman bgini, semua hal bisa bermutasi. Kalo kita yang kena penyakit hasil mutasi itu kan aje gile mampus! mendingan juga dari sekarang kita antisipasi biar bisa menghindar *ciuw ciuww- kayak the matrix* hehe…

well, okey, gw adalah fans berat junkfood, tapi hidup sehat adalah agenda gw! resolusi! huh!! ayo cha, be healthy… diet? nope i guess, tapi makan+olah raga teratur..hiyataaa!!

(sok benge ngomong bgini,padahal blum tau bisa dilaksanain apa nggak.. 😀 HARUS BISA!!!!!)

PS : YOU MUST READ MY NEXT POST!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s