sakit ini…membunuhkuuuuw….

….

kau membuat…ku  tak karuaaan….

dangdangdang!! maaf D’Masiv, nggak ada maksud apa2… hanya ini perasaan hati gw sekarang….

LEBAY deh!

padahal gw cm mo ngomong gw lagi kesakitan gr2 PMS..hahaha

dan ternyata, ke-melow-an gw yang terakhir hanya terimpruf dari hormon gw yang lagi nggak stabil..

dan percaya ato engga, gw sampe membuat banyak korban..

gara2 kemelowan gw itu gw melakukan kejahatan miskol.. gw miskolin temen2 gw + gw smsin mereka, cm gr2 gw memelow.. OOOoooh! maaf ya guys, ini hanya masalah hormon, no offence!

PMS ato pre menstruation syndrome, ato sindrom pramenzeey… ayh cewek taulaah…

PMS sendiri diperkirain akibat hormon estrogen dan progesteron yang kadarnya berlebih dan ngakibatin adanya impuls ke syaraf yang lalu mengganggu kestabilitasan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial, atau fungsi serotonin..hoh (serotin itu apa ya??)

trust me, PMS itu mengerikan, walo datengnya cm sesaat tapi ini bener2 menyiksa. Dari beberapa sumber yang gw baca, PMS bahkan bisa nimbulin depresi buat orang yang ngaleminnya. ow… Bahaya menurut gw kalo cewek nggak bisa ngantisipasi PMS-nya.

Ini ada sedikit tips dari om wiki gimana berdiet untuk kita-kita nih para cewek2 dalam menghadapi PMS :

* Batasi kosumsi makanan tinggi gula, tinggi garam, daging merah(sapi dan kambing), alkohol, kopi, teh, coklat, serta minuman bersoda.
* Kurangi rokok atau berhenti merokok.
* Batasi konsumsi protein (sebaiknya sebanyak 1,5 gr/kg berat badan per orang).
* Meningkatkan konsumsi ikan, ayam, kacang-kacangan, dan biji-biji-bijian sebagai sumber protein.
* Batasi konsumsi makanan produk susu dan olahannya (keju, es krim, dan lainnya) dan gunakan kedelai sebagai penggantinya.
* Batasi konsumsi lemak dari bahan hewani dan lemak dari makanan yang digoreng.
* Meningkatkan konsumsi sayuran hijau.
* Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat seperti minyak bunga matahari, minyak sayuran.
* Konsumsi vitamin B kompleks terutama vitamin B6, vitamin E, kalsium, magnesium juga omega-6 (asam linolenat gamma GLA).
Di samping diet, perhatikan pula hal-hal berikut ini untuk mencegah munculnya PMS:
* Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur.
* Menghindari dan mengatasi stres.
* Menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko menderita PMS.
* Catat jadwal siklus haid Anda serta kenali gejala PMS-nya.
* Perhatikan pula apakah Anda sudah dapat mengatasi PMS pada siklus-siklus datang bulan berikutnya.

Nyamnyam….

apapun deh buat kesehatan, dan ini gw tulis – sharing aja buat temen2 yg membutuhkan (apa sih!!) hahaha…

yah semoga berguna ajah… ini nih kl butuh bacaan lebih ilmiahnya…

Advertisements

One thought on “sakit ini…membunuhkuuuuw….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s